Senin, 26 Juli 2010

latar belakang dan sejarah jaringan

                              Latar belakang dan sejarah jaringan
Pada tahun 1940-an , di America ada sebuah penelitian yang ingin kan sebuah
perangkat keras secara bersama . di tahun 1950-an ketika jenis computer mulai membesar sampai terciptanya super computer , karna mahal nya harga perangkat computer , maka ada tuntutan sebuah computer mesti melayani beberapa terminal .
Dari sinilah , maka muncul konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikanal dengan nama TSS (Time sharing system ), bentuk petama kali jaringan (network) computer diaplikasikan.

Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Selanjutnya konsep ini berkembang menjadi proses distribusi (Distributed processing). Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara pararel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri di setiap host komputer. Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani prises bersama maupun komunikasi antar komputer (peer to peer System) saja tanpa melalui komputer pusat. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan local yang dikenal dengan LAN (Local Area Network). Demikian pula ketika internet mulai di perkenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa ditingkat dunia yang disebut dengan istilah WAN(Word Area Network).

0 komentar:

Posting Komentar